Guitar -->

Minggu, 28 November 2010

Bahasa C

Bahasa C dirancang oleh Dennis Ritchie pada tahun 1972-1973. Semula dimaksudkan untuk DEC PDP-11, (DEC : Digital Equipment Corporation) termasuk kategori Bahasa Tingkat Tinggi. C adalah keturunan dari BCPL (Basic Combinet Programming Language), dan merupakan penerus dari bahasa yang mirip BCPL, yang hanya dapat bertahan hidup dalam waktu singkat, yang dinamakan ‘B’. Dan C ini ini lebih sukses dari pada B.

Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa mempengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.

Versi Bahasa C
C K&R

Pada tahun 1978, ''Dennis Ritchie'' dan ''Brian Kernighan'' menerbitkan edisi pertama dari buku yang berjudul ''The C Programming Language''. Buku ini hingga sekarang diakui sebagai kitab suci bahasa C dan merupakan referensi utama seorang pemrogram yang ingin mengetahui tentang bahasa C, terutama karena begitu lengkapnya cakupan buku ini tentang bahasa C dan mudahnya program yang dicontohkan dalam buku ini.

Versi bahasa C yang ditampilkan dalam buku ini kemudian dikenal dalam kalangan pemrogram sebagai C K&R. Pada buku ''The C Programming Language'' edisi kedua kemudian melingkupi ANSI C yang diperkenalkan belakangan.

ANSI C & ISO C
Pada perkembangannya, muncul versi-versi C lain yang pada akhirnya membuat kebingungan di kalangan pemrogram. Karena itu, pada tahun 1983, American National Standards Institute ([[ANSI]]) membuat sebuah komite untuk membuat sebuah versi standar dari bahasa C. Setelah melalui proses yang panjang dan sengit, pada tahun 1989, telah berhasil disahkan standar yang dinamakan ANSI X3.159-1989, versi ini seringkali dinamakan ANSI C, atau kadang-kadang C89.

Pada 1990, versi ANSI C diadopsi oleh Organization for Standardization ([[ISO]]) dengan sedikit perubahan dengan nama ISO/IEC 9899:1990. Versi ini seringkali dinamakan ISO C atau C90. Karena versi ANSI C dan ISO C hanya memiliki sedikit perbedaan, pemanggilan C90 dan C89 merujuk pada bahasa yang sama.

C99
Versi C99 dibuat oleh ISO C pada tahun 1999. Versi ini dimaksudkan terutama untuk memperbanyak dukungan kepada pemrograman berorientasi objek, terutama setelah [[C++]], yang dibuat berdasarkan bahasa ini mendapat tempat yang istimewa di kalangan pemrogram.

2 komentar: