Guitar -->

Sabtu, 27 November 2010

ALGORITMA

Sekilas Mengenai Algoritma
Algoritma seperti kata kebanyakan orang, bukanlah sesuatu yang hanya berhubungan dengan dunia komputer saja. Algoritma juga berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini saya mau membahas contoh yang mungkin kedengaran tidak “lazim” digunakan untuk memberi gambaran mengenai algoritma.

Algoritma Pemrograman

Algoritma mempunyai awal dan akhir.
• Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (ambigu).
• Memiliki masukan (input) atau kondisi awal.
• Memiliki keluaran (output) atau kondisi akhir.
• Algoritma harus efektif; bila digunakan benar – benar menyelesaikan persoalan.

Array
Dalam “permainan” ini, meminta user untuk memasukkan nomor stambuk yang terdiri atas 7 angka. Masing - masing angka (dari nomor stambuk) tersebut akan disimpan dalam sebuah array yang terdapat variabel a. Nilai dari masing – masing array tersebut akan dikalikan jika nilai tersebut bukan 0 (nol) dan “disimpan dalam sebuah variabel sebut saja x. Kemudian dibuat variabel lain sebut saja b yang memiliki 7 array juga. “Isi” variabel b merupakan hasil dari masing – masing array variabel a ditambah x. Berikut ini kodenya:

#include
using namespace std;

void main() {
int a[7], x = 1;
for (int i = 0; i < 7; ++i) { cout << "nomor " << i + 1 << ": "; cin >> a[i];
}

for (int j = 0; j < 7; ++j) { if (a[j] == 0) continue; else { x *= a[j]; } } int b[7]; for (int k = 0; k < 7; ++k) { b[k] = a[k] + x; cout << b[k] << "\n"; } } Penutup Phew, akhirnya selesai juga tulisan ini (tepatnya beberapa menit lagi sebelum Van Helsing beraksi alias tengah malam :D). Ngga tau, berapa lama waktu saya habiskan di depan kompie untuk menyempurnakan tulisan ini. Lagi pula, karena ini merupakan tulisan pertama saya, maka pasti tidak luput dari kesalahan – kesalahan (sebenarnya tulisan ke berapa pun pasti ada kesalahan karena manusia tidak ada yang sempurna, ‘tul ga?). Oleh karena itu, saran dan kritik sangat diharapkan untuk menjadi masukan yang berguna dikemudian hari.